10 Langkah Awet Muda

Sejak zaman dahulu, rahasia untuk awet muda dan tetap sehat selalu dicari orang, baik pria maupun wanita. Berbagai penelitian dilakukan para pakar untuk menemukan teknik yang dinilai paling efektif.Namun apapun teknik yang ditawarkan,untuk mendapatkan hasil terbaik tetap dibutuhkan usaha yang konsisten dalam memperbaiki pola hidup dan pola makan.
Memang hal itu tidak mudah, membutuhkan usaha keras dan ketekunan. Namun demikian, bukan tidak mungkin dilakukan. Berikut ini kami sajikan 10 langkah praktis untuk membentuk penampilan awet muda. Tentu saja ANda tidak harus melakukannya sekaligus, tetapi bisa bertahap. Mulailah dari yang paling mudah!
Detoks Menurut Gary Null,Ph.D. dalam bukunya The Ultimate Anti Aging Program, detoks adalah langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum memulai program menuju sehat dan awet muda. Karena salah satu penyebab utama terjadinya penuaan dan penyakit adalah penumpukan toksin di lingkungan sekitar dan di dalam tubuh kita.
Sebenarnya tubuh kita secara alami telah melakukan detoksifikasi (pengeluaran racun tubuh) secara teratur, seperti ketika buang air kecil dan buang air besar. Tapi sayangnya, setiap saat kita selalu terpapar polusi dan bahan-bahan kimia yang masuk lewat udara, makanan dan lingkungan.
Ibadah puasa jika dijalankan dengan benar, sebenarnya juga merupakan proses detoksifikasi. Bahkan pembersihan yang terjadi tidak hanya bersifat lahir tapi juga batin. Tentunya tak perlu langsung melakukan detoks selama 2 minggu. Untuk permulaan, Anda bisa mencobanya selama 2-3 hari dulu, ketika week end.
Tidur Nyenyak dan cukup
Tidur yang nyenyak itu menyehatkan, di samping menyegarkan tubuh dan jiwa. Orang yang kurang tidur cenderung melemah daya tahan tubuhnya dan mudah terkena penyakit. Gangguan tidur bisa mengganggu konsentrasi, daya ingat, dan kreativitas. Sementara kelelahan ang timbul akibat tidak cukup tidur bisa menimbulkan iritasi dan ketidakseimbangan emosi, Juga berhubungan dengan banyaknya kasus kecelakaan.
Tidur yang nyenyak sangat penting untuk penampilan yang awet muda. Sebab selama tidur, tubuh akan mengeluarkan hormon pertumbuhan yang berfungsu memperbaiki dan memperbaharui jaringan serta sel-sel tubuh, termasuk kulit. Dengan begitu terjadi peremajaan pada sel-sel tubuh, kulit dan jaringan.
Umumnya orang tidur selama 8 jam sehari, tapi ada juga orang yang merasa cukup tidur 6 atau 7 jam sehari. Hal itu tidak menjadi masalah. Namun bila Anda mengalami sulit tidur, jangan buru-buru mencari obat tidur. Cobalah atasi dulu dengan melakukan autohypnosis atau latihan relaksasi sebelum tidur.
Makanan sehat dan suplemen
Kebiasaan memilih makanan yang baik seitap hari tidak hanya membuat kita sehat dan langsing, tapi juga nampak lebih muda. Agar lebih mudah membiasakan diri memilih makanan yang segat, gary Null menyarankan untuk membuat catatan harian dan menuliskan makanan yang kita makan setiap hari. Secara praktis, panduan makanan yang disarankannya untuk muda yaitu:
1. Mengurangi mengkonsumsi daging merah dan meningkatkan konsumsi ikan.
2. Jika perlu tambahan protein, lebih baik mengkonsumsi kacang-kacangan.
3. Mengkonsumsi makanan berserat yang kandungan seratnya mencapai 4-50 gram sehari.
4. Setiap hari sebaiknya menkonsumsi 1-3 porsi sayuran dari keluarga kol seperti brokoli, brussel sprout,kol atau kembang kol
5. Minum 2-4 gelas jus sayuran hijau setiap hari. Ada baiknya jus tersebut ditambah dengan sedikit jahe dan ekstrak lidah buaya.
6. Minum air putih dan jus buah setidaknya 2-3 litar setiap hari.
7. Mengkonsumsi seminimal mungkin minuman berkafein seperti kopi dan teh, minuman mengandung soda,gula putih dan makanan olahan pabrik yang terbuat dari terigu.
8. Menggunakan lemak sehat seperti minyak zaitun.
9. Mengkonsumsi berbagai suplemen dan herba anti penuaan seperti vitamin B kompleks, asam folat, vitamin E, vitain C, bawang putih, evening primrose oil, ginko biloba, dll.Pada dasarnya Anda harus mengkonsumsi semua jenis nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Jika ingin mengetahui apakah tubuh Anda kekurangan salah satu atau beberapa unsur nutrisi Anda bisa melakukan tes laboratorium.
Olahraga
Jika Anda belum terbiasa berolahraga, mulailah dari sekarang. Menurut Miriam E, Nelson PH.D, penulis buku Strong Women Stay Young yang memang meneliti pengaruh olahraga dan gizi pada tulang wanita di Tufts University School of Nutrition, Amerika. wanita umumnya mulai menyusut kepadatan tulang dan ototnya sekitar 40 tahun. Sebagian penyebabnya adalah karena kurang berolahraga. Tulang dan otot yang tidak dilatih memang mudah mengalami penyusutan.
Begitu tulang dan ototnya menua, wanita biasanya semakin kurang aktif dibanding sebelumnya. Padahal dengan latihan yang tepat dan teratur, proses yang akan terjadi justru sebaliknya, kepadatan tulang dan otot sedikit demi sedikit justru bertambah. Sehingga tubuh bisa nampak 15 hingga 20 tahun lebih muda. Secara emosi, biasanya orangnya juga menjadi lebih bahagia, energik dan percaya diri. Manfaat lainnya adalah meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas tubuh, mencegah osteoporosis serta melangsingkan dan mengencangkan tubuh.
Mengenai jenis olahraga yang disarankan, menurutnya tidak cukup olahraga aerobik seperti berjalan dan berlari santai, bersepeda, atau berenang saja, tapi perlu juga melakukan senam dengan menggunakan beban.
Relaksasi
Belajarlah untuk rileks, karena berdasarkan penelitian yang dilakukan di Inggris, kecemasan bisa membuat wajah nampak menua dalam hitungan bulan. Tapi dengan belajar rileks dan mengelola stres dengan baik, wajah bisa nampak kembali muda.
Stres juga membuat wajah nampak tegang. Karena itu, mengelola stres dengan baik akan membuat raut wajah Anda nampak lebih tenang dan damai. Dengan sendirinya Anda akan tampak lebih muda dan lebih menarik.
Karena itu pelajari teknik-teknik yang bisa membuat Anda rileks seperti taichi, meditasi, yoga, atau cobalah tekuni kegiatan-kegiatan yang memang merupakan hobi Anda seperti berkebun, melukis, bermain musik, arau lainnya.
Menjaga pikiran positifPikiran dan afirmasi yang positif akan meningkatkan energi dan membawa hal-hal yang positif dalam kehidupan. Sedangkan pikiran-pikiran dan afirmasi negatif cenderung melelahkan dan berpotensi menimbulkan kegagalan. Selain itu juga membuat Anda lebih cepat tua dan tidak menarik.
Karena itu, Anda juga perlu sering melakukan detoks secara mental. berlatihlah membersihkan diri dari pikiran-pikiran atau emosi-emosi yang negatif dengan meditasi atau teknik-teknik yang cocok bagi Anda.
Melakukan check up kesehatan
Ibarat mobil, tubuh manusia juga memerlukan perhatian dan perawatan yang baik agar setiap orang bisa terus bekerja dengan baik. Biarpun saat ini Anda merasa sehat, pemeriksaan kesehatan yang dilakukan secara teratur tetap dilakukan. Dengan begitu, jika suatu saat timbul penyakit, walaupun masih dalam tahap gejala awal, bisa langsung terdeteksi sehingga penanganannya juga lebih cepat dan mudah.
Selain itu, misalnya ada kelemahan-kelemahan yang tersembunyi di dalam salah satu organ tubuh, juga akan lebih akan lebih cepat diketahui. Jadi dengan cara itu, Anda pun bisa memprediksi kemungkinan penyakit yang akan timbul.
Sumber: Majalah Nirmala

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: